Friday 19 September 2014

Angkuhnya Manusia

"Mahameru sampaikan sejuk embun hati
  Mahameru basahi jiwaku yang kering
  Mahameru sadarkan Angkuhnya Manusia
  Puncak abadi para dewa..."

Sayup - sayup terdengar lagu lama dari dewa 19. dalam liriknya terdapat sebuah kalimat yang sangat dalam artinya bagi kehidupan manusia, yaitu "Mahameru sadarkan Angkuhnya Manusia". memang benar, banyak manusia sangat angkuh, sombong dan masih mementingkan egonya. kita sebagai manusia harusnya sadar bahwa yang berhak dan boleh angkuh hanya dan hanya DIA yang Maha Kuasa.
Mahameru sebagai contoh, puncak tersebut adalah satu diantara banyak puncak yang menjulang tinggi di seluruh penjuru Dunia. dan siapa saja yang pernah menjapai puncaknya pasti akan segera sadar bahwa manusia itu tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan alam semesta. dibutuhkan sebuah perjuangan dan kesabaran yang tinggi untuk mendakinya. dibutuhkan semangat dan ketabahan yang tinggi untuk dapat mencapai puncaknya. dan ketika berada ditengah buasnya alam semesta tersebut, bukankah kita akan sadar bahwa apa yang kita miliki selama ini, harta, pangkat atau jabatan tidak lagi ada harganya. 
                        
untuk mencapai dan menjadi seorang manusia yang religius dan  berspiritual tinggi salah satu kuncinya adalah menghilangkan keangkuhan, kesombongan dan keegoan, karena sifat - sifat tersebut hanya akan menimbulkan kemunafikan bagi kita manusia. biasanya dengan mengandalkan kekuasan, kekayaan dan kerupawanan wajah, manusia menjadi lupa pada DIA sang Pencipta, lupa bahwa semua yang ada hanya sedikit pemberian yang tidak kekal. kita semua lupa bahwa dengan semua itu DIA sebenarnya menguji kemampuan manusia dalam menguasai nafsunya.
semoga sedikit bacaan ini dapat menjadi bahan rungan, menjadi bahan pembelajaran agar kita menjadi manusia yang lebih baik dengan cara sedikit dem sedikit mengurai Kesombongan. dan semoga dengan contoh yang telah ada di sekeliling kita bisa menyadarkan Angkuhnya Manusia.
salam pagi #Pengembara-Sukma
Rating: 4.5 out of 5

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2013. Pengembara Sukma -